Pages

Senin, 01 November 2010

INPUT, OUTPUT DEVICE

1. Input Divice
Adalah   komponen   hardware    yang   mengijinkan     pengguna   untuk
memasukan data atau instruksi (program, command, respon user) ke
dalam sebuah komputer.
Yang temasuk dalam input divice adalah:
a. Keyboard, adalah peralatan input yang berisi tombol yang user
tekan untuk memasukan data ke dalam komputer.
b. Pointing device, terdiri atas:
1. Mouse, adalah sebuah peralatan pointing yang ukurannya sebesar
telapak tangan anda sehingga cocok untuk dioperasikan dengan
tangan anda.
2. Trackball,   adalah  peralatan    pointing  dengan   bola  pada
permukaannya.
3. Pointing   stick,   adalah    peralatan    pointing    yang   sensitive
terhadap   tekanan  yang   letaknya   ada   pada   tombol-tombol   pada
keyboard.
4. Touchpad, adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil,
dan datar yang sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya
touchpad ada pada notebook.
5. Joystick, adalah peralatan pointing yang berbentuk tuas yang
dioperasikan berdasarkan arah gerakan yang diinginkan.
6. Light pen, adalah input yang dapat mendeteksi keberadaan cahaya.
Alat  ini   hanya  digunakan    pada  layar    khusus.  Sang   pengguna
memilih objek dengan cara mengaktifkan light pen pada layar.
7. Stylus   pen,   adalah   peralatan   input    berbentuk   bolpen   yang
menggunakan tekanan untuk memilih objek pada layar. Alat input
ini   biasanya   digunakan   dengan    graphic  table    dan   software
handwriting recognition software sehingga alat input ini cocok
digunakan untuk menulis tangan atau menggambar.
8. Touch screen, adalah layar yang peka terhadap tekanan. Dengan
layar ini, pengguna memilih objek dengan cara memilih langsung
dengan jari atau sebuah stylus. Biasanya, touch screen digunakan
untuk kios informasi pada hotel, museum, restoran, atau PDA dan
tablet PC.


C. Input gambar, terdiri atas:
1. Digital camera, merupakan peralatan yang mengijinkan pengguna
untuk   mengambil   gambar   dan   menyimpan   gambar    dalam   bentuk
digital.

2. Scanner, merupakan alat input dengan cahaya yang membaca grafik
dan teks tercetak dan kemudian merubah hasilnya ke dalam bentuk
yang computer mampu proses.

3. Barcode reader, merupakan peralatan optic yang menggunakan laser
untuk membaca barcode. Barcode adalah kode identifikasi yang
berisi   kumpulan  garis   vertical   dan  spasi   dengan   lebar  yang
berbeda.    Barcode     biasanya    merepresentasikan      data    yang
mengidentifikasikan   perusahaan   dan  benda  tersebut.   Biasanya
barcode digunakan pada kemasan produk.


2. Output Divice
Adalah komponen/peralatan tambahan dari computer yang digunakan
untuk menampilkan output. Output adalah data yang diproses menjadi
bentuk yang berguna. Output dapat berupa teks, grafik,audio, dan
video.
Yang termasuk dalam output divice adalah:
a. Display divice, terdiiri atas:
1. CRT Monitor, adalah monitor desktop yang mirip dengan televisi
standar karena monitor ini berisi CRT (Cathode Ray Tube).

2. Flat-Panel Display, merupakan peralatan display dengan ketebalan
yang   tipis  tanpa   menggunakan   teknologi   CRT.  Secara    umum
dibedakan menjadi 2, yaitu: monitor plasma dan monitor LCD.

b. Peralatan cetak, terdiri atas:
1. Dot-matrix Printer, merupakan printer yang menghasilkan gambar
ketika pin kecil dari head printer menabrak pita tinta.
2. Inkjet Printer, merupakan printer yang mencetak karakter dan
gambar   dengan  menyemprotkan   titik–titik   tinta   ke  selembar
kertas.
3. Label  Printer,  merupakan  printer   kecil  yang  digunakan   untuk
mencetak pada isolasi/benda semacamnya.
4. Laser   Printer,  merupakan   printer   berkecepatan    tinggi   dan
berkualitas tinggi.
5. Photo Printer, merupakan printer warna yang menghasilkan gambar
dengan kualitas lab foto.

c. Peralatan suara, terdiri atas:
1. Speaker,   biasanya  digunakan   untuk  menghasilkan  suara   dengan
kualitas yang tinggi. Pada speaker, anda dapat mengatur tone,
volume, bass, untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan.

2. Headset, merupakan output device yang menghasilkan suara dari
computer untuk individu pemakainya.

3. Inovasi teknologi output, sbb: mesin fax, peralatan multifungsi,
proyektor, dan Force feedback pada joystick dan setir.

0 komentar:

Posting Komentar